Flicker Images

Jenis hama tanaman padi dan pengendalainnya

Pada kesempatan kali ini saya akan coba berbagi tentang Jenis Hama Tanaman Padi Dan Cara Pengendaliannya, ada beberapa jenis hama yang sering menyerang tanaman padi ini, dan hama ini sangat mengganggu sekali pada pertumbuhan tanaman padi, dan tentunya sangat menjengkelkan sekali, han di sini saya akan coba mengenalkan jenis hama nya, dan cara menanggulangi nya.

 

 Hama Tanaman Padi

1. Wereng penyerang batang

Hama yang satu ini adalah hama yang paling di takuti oleh para petani karena hama yang satu ini dapat mengeluarkan virus yang mematikan, ada pun gejala awal nya adalah: tanaman padi menjadi kuning dan mengering, sekelompok tnaman seperti terbakar, tanaman yang tidak mengering menjadi kerdil, cara pengendalian nya yaitu dengan penyemportan, menggunakaninsektisida Applaud 10 WP, Applaud 400 FW atau Applaud 100 EC.

2.  Wereng penyerang daun

Jika  daun tanaman padi anda berubah menjadi kuning atau ujung daun nya menjadi kuning dan mati itu adalah suatu tanda kalau tanaman padi anda telah diserang hama yang satu ini.

3. Walang sangit

Waspadai hama yang satu ini, karena dampak dari hama yang satu ini adalah: buah tidak ada isi nya atau kosong, dan buah pun jadi seperti mengkerut, dan ciri yang lain nya yaitu: akaan terlihat bintik-bintik hitam pada buah padi, dan cara menanggulangi nya yaitu: dengan menyemprotkan insektisida Bassa 50 EC, Dharmabas 500 EC, Dharmacin 50 WP, Kiltop 50 EC.

4. Kepik hijau 

Kepik hijau ini akan menyerang bagian batang dan buah padi, sehungga tanaman padi pun akan sangat terganggu sekali akan pertumbuhan nya. Dan cara menanggulangi nya yaitu dengan penyemprotan menggunakan insektisida Curacron 250 ULV, Dimilin 25 WP, Larvin 75 WP.

5. Penggerek batang 

Jenis hama yang satu ini juga berdampak gagal panen. Dimana apabila tanaman padi sudah terserang hama yang satu ini dan tidak cepat di tangani akan mengalami kerugian besar, karena hama ini menyerang bagian batang dan bagian pelepah daun, dan daun pun akan mengering dan mati, cara menangani nya yaitu dengan menggunakan insektisida Curaterr 3G, Dharmafur 3G, Furadan 3G, Karphos 25 EC, Opetrofur 3G, Tomafur 3G.

6. Hama tikus

Kegagalan penen juga bisa di alami jika hama ini sudah masuk ke dalam area tanaman, dan biasa nya hama ini mengerogoti tanaman sampai habis dan akibat nya sudah pasti gagal panen, adapun cara menanggulangi hama yang satu ini yaitu dengan cara memberikan umpan beracun seperti seng fosfat yang dicampur dengan jagung atau beras.

7. Burung 

Biasa nya hama ini datang sangat tepat waktu yaitu pada waktu tinggal menghitung hari untuk di panen, dan cara menangani nya yaitu dengan membunyikan suara yang berisik seperti menggantungkan kaleng yang di isi oleh apa pun itu yang penting bisa menghasilkan suara yang bising, atau dengan membuat orang-orangan sawah.

Itulah beberapa Jenis Hama Tanaman Padi Dan Cara Pengendaliannya, semoga bermanfaat.

About Rawu yama

Diberdayakan oleh Blogger.