Flicker Images

unik

Taman di Atas Dak Beton

Menyenangkan apabila bisa memiliki taman mini ditempat yang tadinya hanya merupakan tempat jemuran / tempat penampungan air / balkom. Tempat tersebut tentu menjadi lebih arsi dan nyaman dengan menanam rumput atau tanaman diatas dak beton. Terutama didaerah perkotaan padat penduduk/perumahan, halaman rumah yang sangat sempit.

Untuk itu, beberapa hal yang harus dipertimbangkan jika ingin menanam rumput atau tanaman diatas dak beton.
·  Konstriksi beton lantai. Apakah memiliki ketebalan dan kekuatan yang cukup untuk memerima beban tambahan tanah, rumput/tanaman dan air yang akan terserap oleh tanah?
·      Lantai beton harus kedap air, agar air yang tersimpan di dalam tanah tidak meresap turun ke ruang bawahnya.
·      Lubang pembuangan (drainase) harus baik dan jumlahnya cukup agar air tidak menggenangi lantai.
·      Kemiringan lantai harus cukup membuat air mengalir dengan cepat ke lubang pembuangan tersebut.

Setelah persyaratan minimun diatas terpenuhi, kita bisa memulai mengerjakan tamannya. Langkah-langkah yang bisa kita lakukan, berikut ini :
1.   Meskipun beton lantai sudah memiliki lapisan kedap air, sebaiknya tetap memasang lembaran plastik atau karet yang bisa didapatkan ditoko bahan bangunan.
2.   Diatas plastik atau karet, susunlah batu apung setinggi 5 cm.
3.   Setelah itu baru bisa menyebarkan media tanam yang merupakan campuran pupuk kandang, kompos, tanah kebun dan pasir dengan perbandingan 1:2:1:1
4.   Selanjutnya bisa ditanami rumput atau tanaman lain.
5.   Jika menginginkan adanya komposisi tanaman di taman mini anda, di bagian belakang bisa diletakkan pot-pot dengan tanaman yang agak tinggi, lalu pot bisa ditimbun tanah, kemudian didepannya bisa diberi pot yang tanamannya lebih rendah atau bisa langsung ditanami ground cover seperti lantana, kacang-kacangan, sutra bombay atau krokot. Bagian terdepannya baru ditanami rumput.
6.   Perlu ingat, rumput perlu sinar matahari minimal 6 jam sehari. Jika perlu pikirkan letak terbaik untuk menanam rumput, agar bisa tumbuh dengan baik.

Selanjutnya, perawatan rutin seperti penyiraman, pemupukan dan penggemburan tanah dapat dilakukan seperti taman pada umumnya.    

About Rawu yama

Diberdayakan oleh Blogger.